Emotion-focused Coping Siswa SMA Terhadap Perilaku Bullying

Darmawan, Darmawan (2022) Emotion-focused Coping Siswa SMA Terhadap Perilaku Bullying. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
A-D.pdf

Download (183kB)

Abstract

Bullying adalah pola tingkah laku di mana seseorang dijadikan target agresi berulang-ulang oleh satu atau lebih orang, pada umumnya orang yang melakukan agresi lebih kuat daripada target atau korbannya. Bullying yang terjadi di sekolah menengah atas adalah bullying yang dilakukan oleh kakak kelas terhadap adik kelasnya. Perilaku bullying yang terjadi di sekolah menengah atas dapat menimbulkan dampak yang negatif berupa stres yang dialami oleh korban bullying. Oleh karena ketidakberdayaan korban dalam menghadapi pelaku, korban bullying melakukan emotion-focused coping dalam mengatasi stres yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan terhadap lima siswa-siswi sekolah menengah atas laki-laki dan perempuan berusia 16-18 tahun. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara yang berlangsung selama kurang lebih enam bulan, yaitu dari tanggal 12 Juni 2008 sampai dengan 19 Desember 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying yang terjadi di sekolah menengah atas menimbulkan stres bagi korbannya. Dari lima subyek yang diteliti, kelimanya menerapkan strategi emotion focused coping dalam menghadapi stres yang timbul akibat perilaku bullying yang mereka alami, khususnya strategi learned helplessness, seeking social support, dan distancing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Henny E. Wirawan, M. Hum, psi., QIA
Uncontrolled Keywords: Bullying, Stress, Strategi Emotion-focused coping, Sekolah, Siswa Sekolah Menengah Atas.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 30 Jun 2022 05:58
Last Modified: 30 Jun 2022 05:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36658

Actions (login required)

View Item View Item