Natanael, Yonathan (2022) Hubungan antara Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan dan Resiliensi Siswa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Text.pdf Download (202kB) |
Abstract
Fenomena kegagalan dalam Ujian Nasional (UN) merupakan suatu permasalahan dalam bidang pendidikan di negara Indonesia. Adapun dampaknya dapat terlihat pada siswa yang akan menghadapi UN, yakni siswa merasakan kecemasan dan kekhawatiran mengalami kegagalan. Untuk mengatasi kecemasan maupun kekhawatiran menghadapi UN, diperlukan suatu kapasitas dalam diri siswa untuk mampu mengatasi tekanan atas UN, yang dikenal dengan resiliensi (Grotberg, 1995). Menjadi siswa yang resilien tidak hanya berasal dari dirinya sendiri, namun diperlukan dukungan sosial dari lingkungan sekitar, salah satu bentuk dukungan sosial yang nyata bagi siswa adalah keterlibatan orangtua dalam pendidikan siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif mencari hubungan antara keterlibatan orangtua dengan resiliensi siswa melibatkan 136 siswa di SMA Negeri A yang berlokasi di Jakarta Barat. Dengan menggunakan uji Pearson Correlation, diperoleh nilai r (136) = 0,526 dan p = 0,000 < 0,01, artinya ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara keterlibatan orangtua dengan resiliensi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sri Tiatri, Ph.D., Psi |
Uncontrolled Keywords: | Ujian Nasional, Keterlibatan Orangtua, Resiliensi |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 08:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 08:30 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36732 |
Actions (login required)
View Item |