Hubungan antara Persepsi Siswa pada Perilaku Interpersonal Guru dengan Self Efficacy Siswa dalam Matematika

Rosalina, Betharia (2022) Hubungan antara Persepsi Siswa pada Perilaku Interpersonal Guru dengan Self Efficacy Siswa dalam Matematika. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (256kB)

Abstract

Banyaknya keluhan dan fenomena pada Ujian Nasional Matematika menandakan kurangnya keyakinan siswa dalam menghadapinya. Keyakinan yang dibutuhkan untuk menghadapi suatu tugas tertentu dikenal dengan nama self efficacy (Bandura, 1997). Terdapat banyak sumber yang dapat mempengaruhi self efficacy seseorang, yaitu sumber internal dan eksternal. Untuk memiliki self efficacy yang tinggi dalam menghadapi Ujian Nasional, khususnya Matematika, sejalan dengan teori Bandura (1997), yang dibutuhkan siswa bukan hanya keyakinan yang berasal dari kemampuan atau pengalaman mereka (internal), tetapi juga berasal dari kehadiran dan peranan yang diterima melalui guru Matematika, orangtua, teman, dan lain-lain (eksternal). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap perilaku interpersonal guru dengan self efficacy mereka dalam menghadapi Ujian Nasional Matematika. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, melibatkan 109 siswa kelas IX dari SMP Y yang berlokasi di Jakarta Barat. Dengan menggunakan uji korelasional, ditemukan bahwa terdapat hubungan antara self efficacy siswa dalam Matematika dengan persepsi siswa terhadap perilaku interpersonal guru dalam kelompok perilaku proximity (cooperation-opposition), tetapi tidak ditemukan adanya hubungan dengan persepsi siswa terhadap perilaku interpersonal guru pada kelompok perilaku influence (dominance-submission).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph.D., M.Si., Psi
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Perilaku Interpersonal Guru, Self Efficacy, Matematika
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:27
Last Modified: 05 Jul 2022 03:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36743

Actions (login required)

View Item View Item