Gambaran attachment (kelekatan) bayi (anak pertama) dengan ibunya yang menitipkan anaknya di child day care (tempat penitipan anak)

Gideon, Nadia Emanuella (2022) Gambaran attachment (kelekatan) bayi (anak pertama) dengan ibunya yang menitipkan anaknya di child day care (tempat penitipan anak). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkapkan gambaran attachment (kelekatan) pada anak dengan urutan kelahiran pertama yang berusia di bawah dua tahun dan dititipkan di child day care oleh ibunya. Bowlby (dalam Cassidy & Shaver, 1999) mengatakan bahwa perilaku kelekatan ialah perilaku yang memperlihatkan kedekatan dengan figur kelekatan. Kelekatan ditunjukkan bayi dengan merespon secara positif kepada orang tertentu, merasa lebih baik ketika dekat dengannya, dan mencarinya saat ketakutan (Taylor, Peplau, & Sears, 2009). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam dan observasi. Subyek dalam penelitian ini melibatkan tiga orang, yakni anak pertama yang berusia di bawah satu tahun, dititipkan di child day care, dan ibunya. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan (Desember 2011-Mei 2012). Dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa ketiga subyek yang dimasukkan ke child day care di Jakarta mengembangkan kelekatan yang aman (secure) kepada ibunya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Debora Basaria, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Attachment, Anak pertama, Child Day Care
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:13
Last Modified: 07 Jul 2022 03:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36778

Actions (login required)

View Item View Item