Penerapan Prinsip Piercing The Corpoorate Veil Terhadap Tanggung Jawab Direksi Perseroan Atas Kerugian Dalam Kasus PT Kereta Api (Persero).

Leksanabudi, Rengga (2022) Penerapan Prinsip Piercing The Corpoorate Veil Terhadap Tanggung Jawab Direksi Perseroan Atas Kerugian Dalam Kasus PT Kereta Api (Persero). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Rengga Leksanabudi_207202012.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB ISI_Rengga Leksanabudi_207202012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Rengga Leksanabudi_207202012.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Lampiran_Rengga Leksanabudi_207202012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)

Abstract

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu tulang punggung yang menyangga perekonomian negara dan salah satu wujud peran serta negara melalui usaha diberbagai sektor. PT Kereta Api Persero merupakan salah satu BUMN yang bergerak di sektor angkutan, baik barang maupun orang. Pengelolaan BUMN wajib dilakukan sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 karena bentuknya merupakan perseroan, meskipun milik negara. Penelitian ini terkait dengan Penerapan Prinsip Piercing The Corporate Veil Terhada Tanggung Jawab Direksi Perseroan Atas Kerugian Dalam Kasus PT Kereta Api Persero. Dalam penulisan ini yang menjadi pokok tulisan adalah terkait dengan kerugian PT KeretaApi Persero yang menjalankan usaha diluar ketentuan dalam anggaran dasar dan lebih lanjut terkait dengan bagaimana pertanggungjawaban direksi berdasarkan prinsip piercing the corporate veil. Terdapat tiga teori yang digunakan dalam penulisan ini, yaitu perbuatan melawan hukum, piercing the corporate veil dan kepastian hukum. Penulisan ini menggunakan metode normative yuridis yang didukung dengan peraturan terkait dengan perseroan terbatas dalam membedah permasalahan dalam penulisan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perseroan Terbatas, Direksi, Perbuatan Melawan Hukum, Piercing the corporate veil.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:48
Last Modified: 04 Nov 2022 02:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37530

Actions (login required)

View Item View Item