Tanggung Jawab Notaris Dalam Membuat Akta Kepemilikan Bersama Yang Objeknya Merupakan Harta Bersama Dalam Perkawinan (Studi Kasus: Putusan Pengadilan Negeri Sidoarjo Nomor 191/Pdt.G/2019/PN.SDA)

Putra, Leonardo Darma (2022) Tanggung Jawab Notaris Dalam Membuat Akta Kepemilikan Bersama Yang Objeknya Merupakan Harta Bersama Dalam Perkawinan (Studi Kasus: Putusan Pengadilan Negeri Sidoarjo Nomor 191/Pdt.G/2019/PN.SDA). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Leonardo Darma Putra_217202026.pdf

Download (582kB)
[img] Text
Bab Isi_Leonardo Darma Putra_217202026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Leonardo Darma Putra_217202026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
Lampiran_Leonardo Darma Putra_217202026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkawinan merupakan ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan untuk membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal, setelah terjadi ikatan perkawinan harta kekayaan yang dimiliki suami dan istri menjadi satu. Harta bersama tersebut tidak boleh dialihkan hak atas tanah nya tanpa adanya persetujuan dari suami maupun istri.Dalam tulisan ini dijelaskan mengenai bagaimana tanggung jawab Notaris dalam membuat akta pernyataan kepemilikan bersama yang objeknya merupakan harta bersama dalam perkawinan, pertimbangan hakim dalam memutus putusan, bagaimana akibat hukum dari akta pertanyaan kepemilikan bersama yang objeknya merupakan harta bersama dalam perkawinan berdasarkan putusan hakim. Dalam hal ini penulis menggunakan metode hukum normatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab Notaris adalah sesuai dengan isi sumpah jabatan Notaris, maka dalam menjalankan tugasnya Notaris harus amanah, jujur, saksama, mandiri, tidak berpihak, dan taat kepada Kode Etik Notaris. Dari pertimbangan hukum tidak ada jawaban dari tergugat yang meguatkan dalil jawabannya sehingga majelis hakim mengabulkan gugatan penggugat. Akibat hukum dari diputusnya putusan tersebut mengakibatkan akta pernyataan kepemilikan bersama tersebut menjadi batal demi hukum. Notaris selaku pejabat umum dalam melakukan tugasnya harus lebih teliti dan berhati-hati agar tidak merugikan para pihak. Bagi pasangan suami isti harus saling terbuka untuk setiap perbutan hukum yang ingin dilakukan agar tidak merugikan salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Mella Ismelina F.R. S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perkawinan,Tanggung Jawab, Notaris, Harta Bersama
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:12
Last Modified: 13 Jan 2023 04:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38162

Actions (login required)

View Item View Item