Dukungan Atasan dan Rekan Kerja Sebagai Mediator Hubungan Antara Bersyukur Dengan Perilaku Kewarganegaraan Organisasional

Santika, Amelia Dewi (2023) Dukungan Atasan dan Rekan Kerja Sebagai Mediator Hubungan Antara Bersyukur Dengan Perilaku Kewarganegaraan Organisasional. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Amelia Dewi Santika_705190277.pdf

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peran Bersyukur terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasional dengan mempertimbangkan Persepsi Dukungan Atasan dan Persepsi Dukungan Rekan Kerja sebagai mediator. Partisipan penelitian ini adalah 100 guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di DKI Jakarta menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif non-eksperimental dengan pendekatan korelasional melalui bantuan program SPSS. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini antara lain Teachers Organizational Citizenship Behavior (Somech & Drach-Zahavy, 2000, dalam Harmalina, 2019), Gratitude at Work Scale (GAWS) oleh (Cain, 2018), Survey of Perceived Supervisor Support oleh (Kottke & Sharafinski, 1988, dalam Venesia, 2018), dan Survey of Perceived Coworker Support oleh (Ladd & Henry, 2000). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bersyukur berkontribusi terhadap PKO. Selanjutnya, PSS dan PCS terbukti berperan sebagai mediator antara Bersyukur dengan PKO, di mana dalam hal ini terbukti bahwa peran Bersyukur terhadap PKO semakin meningkat ketika guru merasakan dukungan dari atasan (PSS) maupun dari rekan kerja (PCS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rostiana, M.Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Dukungan atasan, dukungan rekan kerja, bersyukur, perilaku kewarganegaraan organisasional
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:00
Last Modified: 02 Feb 2023 07:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38274

Actions (login required)

View Item View Item