Peranan Tuntutan Pekerjaan Terhadap Kesejahteraan di Tempat Kerja dengan Sumber Daya Pekerjaan sebagai Moderator pada Karyawan PT X

Xenia, Callista Vanessa (2023) Peranan Tuntutan Pekerjaan Terhadap Kesejahteraan di Tempat Kerja dengan Sumber Daya Pekerjaan sebagai Moderator pada Karyawan PT X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Callista Vanessa Xenia_705190065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat tuntutan pekerjaan karyawan PT X tergolong tinggi, sehingga berpengaruh pada kesejahteraan di tempat kerja. Ada beberapa faktor yang berpengaruh dominan pada kesejahteraan di tempat kerja. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan adanya sumber daya pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan tuntutan pekerjaan terhadap kesejahteraan di tempat kerja dengan sumber daya pekerjaan sebagai moderator pada karyawan PT X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT X dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 181 orang. Penelitian ini menggunakan dua pengukuran yaitu The Job Demands-Resources Questionnaire oleh Bakker (2014) dan Workplace Well-being Questionnaire oleh Parker dan Hyett (2011). Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Data diolah dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dalam program IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peranan positif tuntutan pekerjaan terhadap kesejahteraan di tempat kerja pada karyawan PT X dengan F = 56.101 dan p = 0.000 < 0.05. Dari hasil analisis regresi linear berganda, diperoleh nilai koefisien R² = 0.387, peranan tuntutan pekerjaan terhadap kesejahteraan di tempat kerja adalah sebesar 38.7%, sedangkan sisanya sebesar 61.3% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil lainnya menunjukkan bahwa sumber daya pekerjaan tidak memoderasi kedua variabel dalam penelitian ini sebab didapatkan hasil p = 0.127 > 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zamralita, M.M., Psikolog., & Yohanes Budiarto, S. Pd., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Tuntutan Pekerjaan, Kesejahteraan di Tempat Kerja, Sumber Daya Pekerjaan, Karyawan PT X.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:54
Last Modified: 02 Feb 2023 07:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38281

Actions (login required)

View Item View Item