Yahya, Carmelita Dewingga (2023) Peran Pengayaan Tugas terhadap Keterikatan Kerja pada Profesi Software Developer di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Carmelita Dewingga_705190070.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengayaan tugas terhadap keterikatan kerja pada profesi software developer di Jakarta. Software developer merupakan profesi yang berperan penting dalam mengembangkan teknologi perusahaan yang semakin berkembang pesat dituntut untuk adaptif dan memiliki inovasi sehingga mereka berusaha melakukan pengayaan tugas. Semakin kompetitif dunia bisnis dengan tingkat perubahan yang semakin cepat maka perusahaan semakin mengandalkan kekuatan serta bakat karyawan mereka, sehingga diperlukan karyawan yang memiliki keterikatan kerja yang baik. Penelitian ini melibatkan 164 partisipan yang diperoleh dengan metode convenience sampling menggunakan alat ukur Utrecth Work Engagement Scale dan Job Crafting Scale. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengayaan tugas memiliki peran yang signifikan terhadap keterikatan kerja (F = 56.690, p < 0.05, R2 = 0.259). Selain itu diketahui bahwa dimensi pengayaan tugas yang paling berperan terhadap keterikatan kerja adalah increasing structural job resources dan dimensi yang berperan paling lemah adalah decreasing hindering job demands. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa semakin tinggi tingkat pengayaan tugas pada karyawan maka akan semakin tinggi pula tingkat keterikatan kerja yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Kiky D. H. Saraswati, M. Psi., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | Pengayaan tugas, keterikatan kerja, IT, software developer |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 07:59 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 07:59 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38282 |
Actions (login required)
View Item |