Peran Psychological Capital dan Perceived Organizational Support terhadap Individual Work Performance Karyawan Sales di PT. X

Ninno, Ignatius Emmanuel (2023) Peran Psychological Capital dan Perceived Organizational Support terhadap Individual Work Performance Karyawan Sales di PT. X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Ignatius Emmanuel Ninno_705190298.pdf

Download (462kB)

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, persaingan dunia bisnis semakin ketat, tujuan perusahaan itu sama yaitu memperoleh laba yang sebesar-besarnya untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Harus diketahui, seorang karyawan sales merupakan penunjang dalam perusahaan untuk mendapatkan pelanggan agar laba yang didapatkan bisa maksimal. Salah satu perusahaan yang juga mengandalkan karyawan sales sebagai penunjang keberhasilannya ialah PT. X. Perusahaan tersebut sudah lebih dari satu dekade bergerak di industri farmasi, walaupun perusahaan tersebut terbilang cukup baru, tetapi PT. X mempunyai team marketing yang tersebar di pulau-pulau besar Indonesia. Guna menunjang keberhasilan, karyawan sales harus memiliki individual work performance yang baik yang dipengaruhi oleh faktor internal yaitu psychological capital dan faktor eksternal yang didapatkan dari perusahaan yaitu perceived organizational support. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran psychological capital dan perceived organizational support terhadap individual work performance karyawan sales di PT. X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 110 karyawan sales yang aktif bekerja di PT. X. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan yaitu individual work performance oleh Linda Koopmans (2014), psychological capital questionare oleh Luthans dan Avolio (2007), dan survey perceived organizational support oleh Eisenberger dan Huntington (1986). Hasil menunjukkan adanya pengaruh dan peran yang signifikan antara psychological capital dan perceived organizational support dengan individual work performance sebesar 55,5% dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Fransisca Iriani Roesmala Dewi, M. Si.
Uncontrolled Keywords: psychological capital, perceived organizational support, individual work performance, karyawan sales.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:51
Last Modified: 03 Feb 2023 08:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38299

Actions (login required)

View Item View Item