Hubungan Body Dissatisfaction dan Self-Esteem pada Wanita Dewasa Muda yang Mengalami Overweight Selama Masa Pandemi Covid-19

Ramadhan, Muhammad Yoza (2023) Hubungan Body Dissatisfaction dan Self-Esteem pada Wanita Dewasa Muda yang Mengalami Overweight Selama Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Muhammad Yoza Ramadhan_705180331.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terbatasnya aktivitas fisik yang dilakukan selama masa pandemi COVID-19 membuat sebagian individu mengalami kenaikan berat badan. Dampak dari kenaikan berat badan tersebut yaitu individu dapat mempengaruhi body dissatisfaction dan self-esteem. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan mengetahui hubungan antara body dissatisfaction dan self-esteem pada wanita dewasa muda yang mengalami overweight selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan non-eksperimen dengan jumlah partisipan sebanyak 115 wanita dewasa muda yang mengalami overweight di Jakarta. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur body dissatisfaction adalah body shape questionnaire 16 edition yang dikembangkan oleh (Cooper, 1987). Sedangkan alat ukur yang digunakan untuk mengukur self-esteem menggunakan rosenberg self-esteem scale yang dikembangkan oleh (Rosenberg, M., 1979). Hasil analisis statistik menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif antara body dissatisfaciton dan self-esteem r(115) =-0.514 dan p < .001. Artinya, apabila body dissatisfaction tinggi maka self-esteem yang dimiliki rendah. Sebaliknya, apabila body dissatisfaction rendah maka self-esteem yang dimiliki tinggi. Implikasi dalam penelitian ini yaitu dapat meningkatkan pemahaman mengenai body dissatisfaction dan self-esteem pada wanita dewasa muda yang mengalami overweight. Selain itu dapat menjadi acuan dalam menjaga kesehatan tubuh serta mental pada wanita dewasa muda terkait body dissatisfaction dan self-esteem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Roswiyani, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Body Dissatisfaction, Self-Esteem, Overweight
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Feb 2023 04:06
Last Modified: 07 Feb 2023 04:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38320

Actions (login required)

View Item View Item