Peran Perilaku Kerja Inovatif sebagai Mediator Hubungan Antara Keadilan Organisasi terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasional

Muis, Rezky Moudya (2023) Peran Perilaku Kerja Inovatif sebagai Mediator Hubungan Antara Keadilan Organisasi terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasional. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Rezky Moudya Muis_705190233.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perilaku kerja inovatif sebagai mediator hubungan antara keadilan organisasi terhadap perilaku kewarganegaraan organisasional pada guru di beberapa sekolah islam di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non-eksperimental dan melibatkan 100 guru di beberapa sekolah islam di DKI Jakarta. Terdapat 3 kuesioner yang digunakan dalam pengambilan data, yaitu alat ukur organizational justice scale, teacher organizational citizenship behavior scale dan innovative work behavior. Pengolahan data dilakukan menggunakan bantuan program IBM Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadilan organisasi berperan terhadap perilaku kewarganegaraan organisasional (F = 24.150, p < 0.000, R2 = .198). Keadilan organisasi juga berperan terhadap perilaku kerja inovatif (F = 24.348, p = 0.000, R2 = .199) dan perilaku kerja inovatif juga berperan terhadap perilaku kewarganegaraan organisasional (F = 35.479, p = 0.000, R2 = .266). Berdasarkan hasil multiregresi, didapatkan hasil bahwa perilaku kerja inovatif berperan sebagai mediator parsial antara keadilan organisasi dengan perilaku kewarganegaraan organisasional. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada organisasi untuk memberikan keadilan di dalam organisasi guna meningkatkan perilaku kewarganegaraan organisasional pada guru. Kemudian, organisasi juga dapat membuat pertemuan informal antara kepala sekolah dan guru guna mengemukakan ide-ide kreatif bagi sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rostiana, S. Psi., M. Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: keadilan organisasi, perilaku kewarganegaraan organisasional, perilaku kerja inovatif, sekolah islam di DKI Jakarta.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Feb 2023 06:57
Last Modified: 08 Feb 2023 06:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38404

Actions (login required)

View Item View Item