Peranan Academic Stress terhadap Work Burnout melalui mediasi School-work Conflict pada Mahasiswa yang Bekerja paruh waktu

Sismanto, Vincent Putra (2023) Peranan Academic Stress terhadap Work Burnout melalui mediasi School-work Conflict pada Mahasiswa yang Bekerja paruh waktu. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Vincent Putra Sismanto_705190124.pdf

Download (389kB)

Abstract

Tingkat pekerja paruh waktu meningkat setiap tahunnya dan setidaknya terdapat 6,98% pelajar yang bekerja paruh waktu. Walaupun bekerja bukanlah kewajiban utama seringkali pelajar mengalami dampak negatif akibat bekerja paruh waktu, salah satunya adalah work burnout. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat apakah terdapat peranan school-work conflict sebagai mediator dalam hubungan academic stress dan work burnout pada mahasiswa yang bekerja part time. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden sebesar 292 partisipan pada mahasiswa yang berumur 18-25 tahun. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Work burnout diukur dengan alat ukur Burnout Assessment Tool (BAT) oleh Schaufeli et al. (2020), academic stress diukur dengan Perception of Academic Stress (PAS) oleh Bedewy dan Gabriel (2015) dan school-work conflict diukur dengan alat ukur Work-Family-School Conflict oleh Olson (2014). Penelitian ini menemukan bahwa school-work conflict dapat menjadi mediator antara hubungan academic stress dan work burnout dengan nilai Z=2.90. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa academic stress berperan terhadap work burnout dengan R2= 0.670 dan school-work conflict berperan terhadap work burnout dengan R2= 0.483

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, M.Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Work Burnout, Academic Stress, School-work Conflict, Mahasiswa, bekerja paruh waktu.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 Feb 2023 06:58
Last Modified: 09 Feb 2023 06:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38441

Actions (login required)

View Item View Item