Marfians, Arneshia (2023) Hubungan Self-Esteem Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Penggemar K-Pop. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Arneshia Marfians_705190241.pdf Download (446kB) |
Abstract
Remaja merupakan masa terjadinya segala perubahan, baik fisik, emosi dan perilaku dalam membentuk identitasnya. Perubahan ini terkadang berdampak pada rendahnya self-esteem di masa remaja. Berkaitan dengan hal tersebut, remaja kerap melakukan perilaku konsumtif agar meningkatkan self-esteem. Hadirnya K-Pop merupakan suatu wadah bagi remaja untuk meningkatkan self- esteem mereka melalui perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan self-esteem terhadap perilaku konsumtif pada remaja penggemar K-Pop. Penelitian ini melibatkan 247 responden, yang terdiri dari 23 laki-laki dan 224 perempuan. Alat ukur yang digunakan adalah Alat Ukur Self- Esteem dan Alat Ukur Perilaku Konsumtif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan SPSS dengan teknik korelasi antara self-esteem dan perilaku konsumtif, memperoleh nilai r(247) = - 0.484 dan nilai p = 0.000 < 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel self-esteem memiliki hubungan yang negatif signifikan dengan variabel perilaku konsumtif pada remaja penggemar K-Pop, bahwa semakin rendah tingkat self-eseteem maka akan semakin tinggi tingkat perilaku konsumtif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Agustina, M. Psi., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | self-esteem, perilaku konsumtif, remaja, dan penggemar K-Pop |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 08:41 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 08:41 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38449 |
Actions (login required)
View Item |