Hubungan Self-Esteem Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Penggemar K-Pop

Marfians, Arneshia (2023) Hubungan Self-Esteem Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Penggemar K-Pop. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Arneshia Marfians_705190241.pdf

Download (446kB)

Abstract

Remaja merupakan masa terjadinya segala perubahan, baik fisik, emosi dan perilaku dalam membentuk identitasnya. Perubahan ini terkadang berdampak pada rendahnya self-esteem di masa remaja. Berkaitan dengan hal tersebut, remaja kerap melakukan perilaku konsumtif agar meningkatkan self-esteem. Hadirnya K-Pop merupakan suatu wadah bagi remaja untuk meningkatkan self- esteem mereka melalui perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan self-esteem terhadap perilaku konsumtif pada remaja penggemar K-Pop. Penelitian ini melibatkan 247 responden, yang terdiri dari 23 laki-laki dan 224 perempuan. Alat ukur yang digunakan adalah Alat Ukur Self- Esteem dan Alat Ukur Perilaku Konsumtif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan SPSS dengan teknik korelasi antara self-esteem dan perilaku konsumtif, memperoleh nilai r(247) = - 0.484 dan nilai p = 0.000 < 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel self-esteem memiliki hubungan yang negatif signifikan dengan variabel perilaku konsumtif pada remaja penggemar K-Pop, bahwa semakin rendah tingkat self-eseteem maka akan semakin tinggi tingkat perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agustina, M. Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: self-esteem, perilaku konsumtif, remaja, dan penggemar K-Pop
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 Feb 2023 08:41
Last Modified: 09 Feb 2023 08:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38449

Actions (login required)

View Item View Item