Pengaruh Stres COVID-19 terhadap Individual Work Performance (IWP) pada Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit selama masa Pandemi

Hermawan, Aurelio (2023) Pengaruh Stres COVID-19 terhadap Individual Work Performance (IWP) pada Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit selama masa Pandemi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Aurelio Hermawan_705190161.pdf

Download (992kB)

Abstract

Dalam menangani masalah kesehatan selama masa pandemi, tenaga kesehatan menjadi garda terdepan untuk memberikan layanan kesehatan secara profesional. Tenaga kesehatan yang bekerja lebih berisiko tertular virus COVID-19, tambahan beban dan waktu kerja, serta mengalami stres karena merawat pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres COVID-19 terhadap individual work performance pada tenaga kesehatan di rumah sakit selama masa pandemi. Alat ukur yang digunakan adalah COVID Stress Scale (CSS) yang dikembangkan oleh Taylor et al. (2020) yang terdiri dari lima dimensi, yaitu: COVID danger and contamination, COVID socio-economic consequences, COVID xenophobia, COVID traumatic stress symptoms, dan COVID compulsive checking. Alat ukur untuk mengukur kinerja adalah Individual Work Performance Questionnaire (IWPQ) yang dikembangkan oleh Koopmans et al. (2014) terdiri dari tiga dimensi, yaitu: task performance, contextual performance, dan counterproductive work behavior. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Partisipan penelitian ini berjumlah 220 tenaga kesehatan yang terdiri dari 57 dokter umum, 34 dokter spesialis, 3 dokter gigi, 56 perawat, 29 bidan, serta 41 penunjang medis yang bekerja selama masa pandemi di rumah sakit dan menangani pasien COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh stres COVID-19 terhadap individual work performance pada tenaga kesehatan saat pandemi dengan tingkat signifikansi (Sig) yaitu 0.000 < 0.05. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi adalah Y= 42.981 - 0.557 X. Dari hasil koefisien determinasi (R Square) diperoleh kontribusi sebesar 0.368. Hal ini diartikan sebagai stres COVID-19 memberikan pengaruh sebesar 36.8% terhadap individual work performance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zamralita, M.M., Psikolog & Debora Basaria S.Psi., M. Psi, Psikolog
Uncontrolled Keywords: Stres COVID-19, Kinerja Kerja Individu, Tenaga Kesehatan, Pandemi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:41
Last Modified: 10 Feb 2023 01:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38456

Actions (login required)

View Item View Item