Peranan Efikasi Diri, Kesiapan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19

Ismail, Febriyanti Ramadhani (2023) Peranan Efikasi Diri, Kesiapan Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. COVER-ABSTRAK.pdf

Download (332kB)

Abstract

Pandemi virus COVID-19 melanda seluruh negeri. Pandemi COVID-19, menyebabkan berbagai masalah terutama pada sektor pendidikan yang mengharuskan pembelajaran secara dalam jaringan (daring). Kasus COVID-19 yang berkepanjangan menyebabkan adanya degradasi motivasi belajar diantara para mahasiswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan efikasi diri, kesiapan dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Adapun pendekatan yangbdigunakan dalam peneltian ini yaitu kuantitatif-eksplanatif dengan pengumpulan data melalui google form. Alat ukur yang digunakan untuk pengukuran efikasi diri merujuk pada Solikin (2020), kesiapan belajar merujuk pada Online Learning Readiness Scale (OLRS) yang dikembangkan oleh Gay, (2016) dan Hung et al., (2010), Lingkungan belajar diukur dengan menggunakan alat ukur Caregiver Instraction Scale (CIS) yang dikembangkan oleh Freedman etal., (2008) dan Pe’er et al., (2007), dan Motivasi belajar diukur menggunakan alatukur yang dikembangkan Sardiman, (2001). Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri, kesiapan dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa jika mahasiswa memiliki efikasi diri, kesiapan dalam belajar dan memiliki lingkungan belajar yang baik, maka semakin meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar. Hasil uji regresi tersebut menunjukan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki kontribusi terbesar terhadapmotivasi belajar hingga mencapai 60,4% yang mana 39,6% sisanya dipengaruhi variabel lan diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, Psikolog & Dr. Fransisca Iriani Roesmala Dewi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, Kesiapan Belajar, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:32
Last Modified: 10 Feb 2023 02:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38457

Actions (login required)

View Item View Item