Identifikasi Organisasi Sebagai Mediator Antara Bersyukur dan Service-Oriented Organizational Citizenship Behavior

Huwae, Priskila Putri Nesya (2023) Identifikasi Organisasi Sebagai Mediator Antara Bersyukur dan Service-Oriented Organizational Citizenship Behavior. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover - Abstrak.pdf

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah peran bersyukur dalam memprediksi perilaku kewargaan organisasi berorientasi layanan (SOCB), dimediasi oleh identifikasi organisasi. Rasa syukur yang dimiliki karyawan terhadap organisasi dapat mendorong perilaku prososial. Ketika karyawan mempraktikkan rasa syukur dalam bekerja, diharapkan akan meningkatkan SOCB. SOCB sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada klien hingga akhirnya menguntungkan organisasi. Partisipan dalam penelitian ini, berjumlah 117, merupakan karyawan Kantor Akuntan X di Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif non-eksperimen. Pengukuran SOCB menggunakan Service-Oriented Organizational Citizenship Behavior Scale (Bettencourt, Gwinner, & Meuter, 2001); pengukuran rasa bersyukur menggunakan Gratitude at Work Scale (Cain, 2018); sedangkan pengukuran identifikasi organisasi menggunakan alat ukur Organizational Identification Scale (Mael dan Ashforth, 1992). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memprediksi SOCB, bersyukur tidak dimediasi oleh indentifikasi organisasi. SOCB dapat secara langsung berhubungan positif dengan rasa bersyukur, r(115) = 0.398, p < 0.05. Semakin individu bersyukur, semakin besar kecenderungan individu menunjukkan perilaku anggota organisasi yang berorientasi pada pelayanan (SOCB).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: P. Tommy Y. S. Suyasa
Uncontrolled Keywords: bersyukur, service-oriented organizational citizenship behavior, identifikasi organisasi, firma akuntan, konsultan
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:40
Last Modified: 10 Feb 2023 02:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38459

Actions (login required)

View Item View Item