Peran Kesejahteraan Karyawan di Tempat Kerja Terhadap Kinerja dengan Keterikatan Kerja sebagai Mediator Pada Karyawan di PT X

Faustine, Dea (2023) Peran Kesejahteraan Karyawan di Tempat Kerja Terhadap Kinerja dengan Keterikatan Kerja sebagai Mediator Pada Karyawan di PT X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Dea Faustine_705190173.pdf

Download (444kB)

Abstract

Kondisi new normal setelah pandemi COVID-19 membawa tantangan baru bagi perusahaan, terutama tentang bagaimana perusahaan berusaha untuk mempertahankan karyawan dan juga menarik karyawan baru untuk mau bekerja di perusahaan mereka. Ternyata, salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan karyawan dan para pencari kerja sekarang ini adalah kesejahteraan di tempat kerja. Lebih lanjut, kesejahteraan yang dirasakan karyawan di tempat kerja berperan pula terhadap keterikatan kerja. Karyawan yang terikat pada pekerjaannya akan menjadi lebih inovatif dan mau memberikan usaha yang lebih dalam pekerjaan, sehingga akan bepengaruh terhadap kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kesejahteraan di tempat kerja terhadap kinerja dengan keterikatan kerja sebagai mediator pada karyawan di PT X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner pada karyawan di PT X. Total partisipan dalam penelitian ini adalah sebanyak 68 partisipan dan data diuji dengan uji regresi process macro model 4. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh antara kesejahteraan di tempat kerja dengan kinerja, kesejahteraan di tempat kerja dengan keterikatan kerja, keterikatan kerja dan kinerja, dan adanya efek mediasi secara penuh keterikatan kerja terhadap peran kesejahteraan di tempat kerja dengan kinerja pada karyawan di PT X (b = 0,44, 95% confidence interval (0.23; 0.72).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zamralita, Dr. M. M., Psikolog & Yohanes Budiarto, M. Si.
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan di tempat kerja, keterikatan kerja, kinerja, karyawan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:18
Last Modified: 10 Feb 2023 03:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38463

Actions (login required)

View Item View Item