Peran Efikasi Diri Sebagai Moderator pada Hubungan Tuntutan Kerja dengan Keterikatan Kerja (Studi pada Perusahaan yang Mengalami Restrukturisasi)

Christiana, Yunita (2023) Peran Efikasi Diri Sebagai Moderator pada Hubungan Tuntutan Kerja dengan Keterikatan Kerja (Studi pada Perusahaan yang Mengalami Restrukturisasi). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (969kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peranan self-efficacy sebagai moderator pada hubungan job demands dan work engagement pada perusahaan yang mengalami restrukturisasi. Dampak dari pandemik COVID-19 menyebabkan banyak perusahaan harus melakukan perubahan terutama di elemen struktur organisasi. Perubahan tersebut menimbulkan tuntutan pekerjaan (job demands) bagi karyawan. Job demands merupakan karakteristik pekerjaan yang dapat menimbulkan ketegangan sehingga menjadi variabel yang menghambat peningkatan keterikatan kerja (work engagement). Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan self-efficacy sebagai salah satu sumber daya pribadi (personal resource) agar karyawan dapat yakin dan mampu dalam mengatasi tantangan pekerjaan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 181 partisipan yang merupakan karyawan di perusahaan swasta dari level staff hingga manajerial, memiliki banyak fungsi (corporate & business unit) dan mengalami restrukturisasi. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan UWES-17, JD-R Questionnaire dan General Self-Efficacy. Teknik dalam penelitian ini menggunakan non-propability sampling dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan Moderated Regression Analysis. Hasil menunjukkan job demands berperan negatif terhadap work engagement dan self-efficacy tidak signifikan memoderasi hubungan yang dibentuk. Artinya, pada karyawan dengan self-efficacy tinggi maupun rendah job demands tetap berperan negatif pada work engagement. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk mengetahui jenis tuntutan kerja apa saja yang dapat memengaruhi keterikatan kerja karyawan pada organisasi yang mengalami restrukturisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. P. Tommy Y.S. Suyasa, Psi. & Dr. Raja Oloan Tumanggor, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Job Demands, Work Engagement, Self-efficacy, Personal Resource
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:22
Last Modified: 10 Feb 2023 03:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38466

Actions (login required)

View Item View Item