Peranan Openness dan Screen Time Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan Motivasi Sebagai Moderator

Kurniawan, Arief (2023) Peranan Openness dan Screen Time Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa dengan Motivasi Sebagai Moderator. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (405kB)

Abstract

Openness, yang ditunjukkan dengan rasa ingin tahu yang tinggi, berpikiran terbuka, imajinatif dan senang mencoba hal baru, telah sering dikaitkan dengan prestasi akademik. Di era digitalisasi, openness dapat difasilitasi dengan gawai dan internet. Motivation mengarahkan sifat dan perilaku menuju keberhasilan dan karena itu dianggap sebagai penentu prestasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah motivasi dapat memoderasi peranan openness dan screen time terhadap prestasi akademik mahasiswa. Mahasiswa mengisi kuesioner untuk mengukur keempat variabel. Pengukuran prestasi akademik menggunakan data indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa. Alat ukur openness menggunakan skala openness pada Neo-FFI (Costa & McCrae, 1992), yang diterjemahkan oleh Bagian Riset dan Pengukuran Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara (Cronbach's alpha = 0,740). Alat ukur screen time dalam penelitian mencakup lima aktivitas yaitu waktu yang digunakan untuk menonton televisi, bermain video game, menggunakan Internet, menggunakan smartphones, dan aktivitas media social (Marciano & Camerini, 2021) (Cronbach's alpha = 0,764). Motivasi, sebagai variabel moderator, diukur dengan menggunakan Academic Motivation Scale (Vallerand, 1992), yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Marvianto & Widhiarso (2018) (Cronbach's alpha = 0,854). Partisipan sebanyak 207 mahasiswa strata 1 (S1) dari berbagai perguruan tinggi dan program studi yang berusia 17 – 22 tahun. Analisis data menggunakan moderating regression analysis dari Barron dan Kenny (1986). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi bukan merupakan moderator dalam peran openness dan screen time terhadap prestasi akademik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, Psikolog. & Dr. Fransisca Iriani Roesmala Dewi, M.Si
Uncontrolled Keywords: prestasi akademik, openness, screen time, motivasi, mahasiswa
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:29
Last Modified: 10 Feb 2023 03:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38468

Actions (login required)

View Item View Item