Peran Relasi Guru dan Murid terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif dengan Keterlibatan Murid sebagai Moderator

Linda, Linda (2023) Peran Relasi Guru dan Murid terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif dengan Keterlibatan Murid sebagai Moderator. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan bahasa murid PAUD yang baik akan menentukan perkembangan dan keberhasilanya di berbagai bidang di masa mendatang. Sejalan dengan perkembangan masyarakat, dan juga adanya pandemic COVID-19 yang membatasi kontak sosial anak, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa ekspresif dapat berbeda, dan perlu diikuti perubahannya. Pertanyaan yang hendak dijawab adalah: Apakah kedekatan relasi guru dan murid berperan terhadap perkembangan bahasa ekspresif, bahkan di masa pandemi COVID-19 ini? Apakah keterlibatan murid sebagai moderator memperkuat peran relasi guru dan murid terhadap perkembangan bahasa ekspresif? Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah hasil penelitian ini akan serupa dengan penelitian Rojas dan Abenavoli (2021). Walaupun sebagian dari penelitian ini merupakan replikasi, keunikan penelitian ini adalah dilakukan di masa pandemi COVID-19, diukur dengan instrumen-instrumen yang berbeda serta tidak dilakukan short-longitudinal study karena sifat penelitian yang dilakukan kali ini adalah untuk mengevaluasi peran relasi guru dan murid di PAUD X Denpasar terhadap perkembangan bahasa ekspresif murid-muridnya. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 37 orang murid PAUD berusia 4-6 tahun. Wali kelas dan asistennya mengisi kuesioner mengenai relasi guru dan murid serta perkembangan bahasa ekspresif murid. Keterlibatan murid dilakukan dengan metode observasi oleh peneliti dan seorang interrater pada mata pelajaran yang sama. Hasil penelitian menunjukkan adanya peran positif antara kedekatan relasi guru dan murid dengan perkembangan bahasa ekspresif; namun, keterlibatan murid ternyata tidak terbukti menjadi moderator diantara keduanya. Penelitian ini masih terbuka untuk dilanjutkan untuk mendukung perkembangan bahasa murid PAUD dengan lebih optimal lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph.D., Psikolog & Pamela Hendra Heng, S.Pd,M.P.H.,M.A.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: perkembangan_bahasa_ekspresif, relasi_guru_murid, keterlibatan_murid, perkembangan_anak_usia_dini
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:45
Last Modified: 10 Feb 2023 03:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38472

Actions (login required)

View Item View Item