Peningkatan Kesiapan Membaca pada Anak TK melalui Pembelajaran Integratif Fonik dan Permainan

Debataraja, Meianna K. (2023) Peningkatan Kesiapan Membaca pada Anak TK melalui Pembelajaran Integratif Fonik dan Permainan. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
File 7. Cover - Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Sebelum anak masuk ke tahap membaca penting untuk memperhatikan dan menyiapkan anak agar memiliki kesiapan membaca. Anak-anak yang sudah berada dalam tahap kesiapan membaca akan menunjukkan perilaku antara lain mampu mengenal alfabet, mampu menyuarakan bunyi alfabet, mampu meniru bentuk huruf, memiliki perbendaharaan kata serta pemahaman kata dan cerita. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam membantu kesiapan membaca awal pada TK yaitu dengan menggunakan metode fonik dan permainan. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa TK A di TK X. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Kelompok Eksperimen (KE) dan Kelompok Kontrol (KK). Alat tes yang diberikan kepada partisipan yaitu alat tes Reading Readiness Assessment yang telah diadaptasi dan diuji coba di Indonesia. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05, hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph.D., Psikolog & Pamela Hendra Heng, S.Pd., M.P.H., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: metode fonik, permainan, kesiapan membaca, taman kanak-kanak
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:50
Last Modified: 10 Feb 2023 03:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38474

Actions (login required)

View Item View Item