Peran Persepsi Hambatan Keterlibatan Orang Tua Murid Terhadap Kesejahteraan Guru TK

Pramanik, Ratih (2023) Peran Persepsi Hambatan Keterlibatan Orang Tua Murid Terhadap Kesejahteraan Guru TK. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover - Abstrak.pdf

Download (248kB)

Abstract

Kesejahteraan mendorong guru untuk memberikan pengajaran yang optimal dan berkualitas kepada murid-muridnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesejahteraan guru adalah dukungan sosial, termasuk dari orang tua murid. Namun, kolaborasi yang baik antara orang tua murid dan guru tidak selalu terjadi. Guru dapat mempersepsi bahwa ada hambatan dalam keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya. Keterlibatan orang tua makin diperlukan, terutama dalam masa pembelajaran daring pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran persepsi mengenai hambatan keterlibatan orang tua dalam pendidikan Taman Kanak-kanak terhadap kesejahteraan guru. Responden penelitian ini adalah 67 orang guru Taman Kanak-kanak di Tangerang Raya yang aktif mengajar selama pandemi COVID-19. Metode penelitian menggunakan kuantitatif non experimental, dengan menggunakan alat ukur Parent Involvement Barrier Teacher Scale dan Teacher Subjective Wellbeing Questionnaire (TSWQ). Data diolah menggunakan program SPSS dengan model regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan keterlibatan orang tua berperan terhadap kesejahteraan guru. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa latar belakang pribadi dan profesional tidak berperan terhadap kesejahteraan guru yang terlibat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Sri Tiatri, PhD., Psi. & Pamela Hendra Heng, S.Pd., M.P.H., M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan guru, Taman Kanak-kanak, keterlibatan orang tua
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:21
Last Modified: 21 Feb 2023 03:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38550

Actions (login required)

View Item View Item