Peer-Mediated Intervention Pada Keterampilan Sosial Siswa Dengan Autism Spectrum Disorder di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review

Wina, Tamara (2023) Peer-Mediated Intervention Pada Keterampilan Sosial Siswa Dengan Autism Spectrum Disorder di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FIle 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (583kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk secara sistematis mengevaluasi studi yang tersedia tentang topik intervensi teman sebaya atau peer mediated intervention (PMI) yang menargetkan keterampilan sosial anak-anak dengan autism spectrum disorder (ASD) pada setting sekolah dasar. Artikel dicari, dikumpulkan, dan dikaji antara tahun 2010 dan 2020. Pencarian dilakukan sesuai dengan pedoman PRISMA. Tujuh makalah diidentifikasi dan ditinjau memenuhi kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Hasil systematic literature review mengulas antara lain intervensi PMI dengan kontrak kontigensi (contigency contract), integrated playgroup, superheroes social skills, jaringan teman sebaya, observasi taman bermain dan program teman sebaya. Enam dari tujuh studi melaporkan adanya peningkatan dalam keterampilan sosial anak dengan ASD pasca intervensi. Studi ini merupakan upaya untuk memahami PMI sebagai strategi berbasis sekolah untuk meningkatkan keterampilan sosial bagi anak-anak dengan ASD dalam pengaturan pendidikan dasar umum dan untuk menyelidiki jenis intervensi dan pendekatan yang berkontribusi pada hasil yang sukses untuk anak- anak dengan ASD. Keterbatasan studi serta arahan masa depan dibahas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Naomi Soetikno & Pamela Hendra Heng, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Austism Spectrum Disorder, Peer-Mediated Intervention, Sekolah Dasar, Teman Sebaya
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:32
Last Modified: 21 Feb 2023 03:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38556

Actions (login required)

View Item View Item