Peranan Family Resilience Sebagai Moderator dalam Hubungan Stres Pengasuhan Dengan Child Maltreatment Selama Pandemik Covid-19

Fachrudin, Syifa Satyadira (2023) Peranan Family Resilience Sebagai Moderator dalam Hubungan Stres Pengasuhan Dengan Child Maltreatment Selama Pandemik Covid-19. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (671kB)

Abstract

Kondisi pandemik COVID-19 mengakibatkan perubahan kehidupan sehari-hari. Orang tua yang mengalami stres pengasuhan karena adanya tuntutan di keluarga dan juga pekerjaan berisiko melakukan kekerasan kepada anak secara fisik, verbal, seksual dan pengabaian. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh stres pengasuhan terhadap kekerasan pada anak. dan mengetahui peran resiliensi keluarga dalam menurunkan stres pengasuhan yang berhubungan dengan kekerasan pada anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimental dengan jumlah sampel 115 pasrtisipan. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi dan moderasi menggunakan SPSS. Hasil analisis menemukan tingkat stres pengasuhan orang tua ditemukan rendah M: 1,83. Stres pengasuhan berpengaruh terhadap child maltreatment (p<0,05). Resiliensi keluarga berpengaruh kepada stres pengasuhan sehingga resiliensi keluarga dapat menurunkan stres pengasuhan t=-7,924 Namun resiliensi keluarga tidak berperan antara stres pengasuhan dan child maltreatment (p=0,624) (p>0,05). Diskusi dan saran untuk penelitian lanjutan pada analisis tambahan telah dibahas lebih lanjut dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Naomi Soetikno
Uncontrolled Keywords: Stres Pengasuhan, Pandemik COVID-19, Resiliensi Keluarga, Kekerasan Anak
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 21 Feb 2023 04:43
Last Modified: 21 Feb 2023 04:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38566

Actions (login required)

View Item View Item