Susanto, Chandra (2023) Academic Self- Esteem Sebagai Mediator Hubungan Motivasi Belajar dan Kecemasan Belajar Pada Siswa SMA yang Mempelajari Bahasa Mandarin. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
File 7 Cover-Abstrak.pdf Download (428kB) | Preview |
Abstract
Kecemasan belajar bahasa asing yang memiliki konstruk psikologis Foreign Language Learning Anxiety (FLLA) merupakan persepsi, kepercayaan, perasaan dan perilaku yang berbeda yang berkaitan dengan proses pembelajaran bahasa yang ditandai dengan perasaan gelisah, khawatir serta gugup. Selain kecemasan belajar bahasa asing terdapat dua faktor yang efektif dalam proses pembelajaran bahasa asing khususnya Bahasa Mandarin, yaitu motivasi belajar bahasa asing dan academic self- esteem. Motivasi belajar bahasa asing merupakan suatu dorongan yang menggabungkan antara usaha dan keinginan untuk menggunakan bahasa asing demi mencapai tujuan dari proses pembelajaran bahasa itu sendiri. Sedangkan academic self- esteem adalah suatu bentuk emosi reflektif yang mengacu pada evaluasi yang dilakukan oleh seseorang pada dirinya sendiri sebagai tolak ukur yang melibatkan penilaian kognitif tentang perilaku belajarnya sendiri, penguasaan materi akademik, dan pemenuhan harapan akademiknya. Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui peran academic self esteem dalam memediatori hubungan motivasi belajar bahasa asing dan kecemasan belajar bahasa asing pada siswa SMA yang mempelajari Bahasa Mandarin. Jumlah subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 116 siswa di Bangka. Peneliti menggunakan 3 alat ukur yang disebarkan secara daring yaitu: Chinese Foreign Language Learning Anxiety Scale (CFLLAS), Foreign Language Learning Motivation Questionnaire, dan Behavioral Academic Self- Esteem Scale (BASE). Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar bahasa asing dan kecemasan belajar bahasa asing dengan nilai koefisien sebesar -0.62. Namun penelitian ini juga menemukan bahwa academic self- esteem tidak memiliki peran yang signifikan dalam memediasi hubungan antara motivasi belajar bahasa asing dan kecemasan belajar bahasa asing . Selain itu, ditemukan bahwa dimensi daya tarik sosial memiliki peran yang signifikan dalam memediasi hubungan motivasi belajar bahasa asing dan kecemasan belajar bahasa asing dengan nilai koefisien sebesar -0.624.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Ir. Rita Markus Idulfilastri, M.Psi. T & Dr. Zamralita, M.M., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | Academic Self- Esteem, Motivasi Belajar Bahasa Asing, Kecemasan Belajar Bahasa Asing, Bahasa Mandarin |
Subjects: | Tesis Penelitian > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 03:21 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 03:21 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |