Efektifitas Intervensi Aktifitas Fisik pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder di Indonesia; Studi Systematic Review

Nirbayaningtyas, Rizky Bina (2023) Efektifitas Intervensi Aktifitas Fisik pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder di Indonesia; Studi Systematic Review. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (259kB)

Abstract

Anak dengan Autism Spectrum Disorder membutuhkan penanganan untuk mengatasi beberapa gejala yg dimiliki seperti pada aspek perilaku serta aspek komunikasi dan interaksi. Penanganan terhadap anak Autism Spectrum Disorder salah satunya yaitu dengan intervensi aktifitas fisik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui aktifitas fisik yang paling banyak dilakukan pada studi penelitian di Indonesia dan juga untuk mengetahui gambaran efektifitas intervensi aktifitas fisik pada anak dengan Autism Spectrum Disorder dengan dilakukan pengkajian penelitian- penelitian di Indonesia. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian systematic review dan dengan menggunakan rancangan prosedur peneltian systematic review yaitu Preferred Reporting Item for Systematic Review and Meta-Analysis Protocols (PRISMA-P). Penelitian ini menggunakan sembilan studi yang dikaji yaitu delapan artikel penelitian serta satu skripsi. Pengkajian yang dilakukan difokuskan untuk melihat perubahan-perubahan dalam aspek perilaku serta aspek komunikasi dan interaksi pada anak dengan Autism Spectrum Disorder setelah diberikannya intervensi aktfitas fisik. Intervensi aktifitas fisik yang ada dalam beberapa studi pada penelitian ini yaitu adalah lempar tangkap bola, sepak bola modifikasi, boling modifikasi, engklek, jalan kaki, bola basket modifikasi, dan renang gaya bebas. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa intervensi aktifitas fisik yang paling banyak digunakan pada artikel penelitian di Indonesia adalah aktifitas fisik yang dimodifikasi dari olahraga sepak bola dan bola basket. Dapat disimpulkan bahwa intervensi aktifitas fisik terbukti efektif dalam perbaikan kemampuan interaksi komunikasi serta perilaku pada anak dengan Autism Spectrum Disorder.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Heryanti Satyadi & Naomi Soetikno
Uncontrolled Keywords: Aktifitas Fisik, Olahraga, Autism Spectrum Disorder, Gangguan Spektrum Autisme, Autisme, Anak, Systematic Review
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:38
Last Modified: 23 Feb 2023 03:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38724

Actions (login required)

View Item View Item