Efektivitas Terapi Musik Improvisasi dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Interaksi Sosial pada Individu dengan Autism Spectrum Disorder: Systematic Review

Oktaviani, Felita (2023) Efektivitas Terapi Musik Improvisasi dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Interaksi Sosial pada Individu dengan Autism Spectrum Disorder: Systematic Review. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (921kB)

Abstract

Penggunaan musik sebagai sarana terapi memiliki potensi untuk membantu individu dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosialnya. Saat ini, terapi musik yang umumnya diberikan kepada individu ASD adalah terapi musik improvisasi, di mana hubungan terapeutik yang terbentuk dari improvisasi antara terapis dan partisipan tersebut memiliki potensi untuk meningkatkan atensi, interaksi, komunikasi, serta membangun hubungan sosial. Systematic review dilakukan untuk menelaah berbagai hasil penelitian mengenai efektivitas terapi musik improvisasi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial pada individu ASD. Setelah melakukan pencarian studi secara sistematis dari lima database, didapatkan sejumlah delapan studi Randomized Controlled Trial (RCT). Dari kedelapan studi tersebut, terdapat satu studi yang menunjukkan hasil signifikan, lima studi yang menunjukkan hasil campuran (signifikan dan tidak signifikan, dan dua studi yang menunjukkan hasil tidak signifikan. Oleh karena itu, belum dapat diambil kesimpulan yang kuat mengenai efektivitas terapi musik improvisasi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial pada individu ASD. Kualitas dan keterbatasan dari masing-masing studi, serta saran untuk penelitian selanjutnya juga menjadi diskusi dari studi systematic review ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH., Psikolog & Roswiyani, Ph.D., Psikolog
Uncontrolled Keywords: terapi musik improvisasi, komunikasi, interaksi sosial, autism spectrum disorder
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:43
Last Modified: 23 Feb 2023 03:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38726

Actions (login required)

View Item View Item