Peranan Dimensi Adult Attachment dalam Memprediksi Suicidal Ideation dengan Perceived Social Support sebagai Mediator pada Remaja dan Emerging Adulthood di JABODETABEK

Diyanto, Jordyano Marcho Hong (2023) Peranan Dimensi Adult Attachment dalam Memprediksi Suicidal Ideation dengan Perceived Social Support sebagai Mediator pada Remaja dan Emerging Adulthood di JABODETABEK. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bunuh diri merupakan fenomena yang cukup sering terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kasus bunuh diri merupakan penyebab kematian tertinggi nomor dua bagi individu berusia 15-29 tahun di seluruh dunia (WHO, 2017). Terdapat hampir 800.000 orang yang meninggal setiap tahunnya karena bunuh diri di seluruh dunia (WHO, 2017). Salah satu variabel yang berkaitan dengan pemikiran bunuh diri adalah adult attachment dan juga perceived social support. Namun belum banyak penelitian yang melihat kasus bunuh diri dari sudut pandang adult attachment tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dinamika antara adult attachment dengan suicidal ideation dengan mempertimbangkan perceived social support sebagai mediator diantara keduanya. Melalui suvei yang dilakukan secara daring, diperoleh 135 orang berusia 10 – 25 tahun yang dapat digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa avoidance attachment terbukti dapat memprediksi suicidal ideation dalam diri individu (B= .112, p= .036). Semakin tinggi avoidance attachment maka semakin tinggi suicidal ideation individu. Avoidance attachment juga terbukti dapat memprediksi perceived social support individu secara negatif (B= -.591, p= .000). Ini berarti semakin tinggi avoidance attachment semakin rendah perceived social support. Perceived social support juga ditemukan dapat memprediksi suicidal ideation (B= -.139, p= .001). Artinya, semakin tinggi perceived social support, semakin rendah suicidal ideation individu. Penelitian ini juga menemukan bahwa perceived social support dapat berperan sebagai mediator antara avoidance attachment dengan suicidal ideation (b=.0752, CI=.0166-.1359).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Rismiyati E. Koesma, Psikolog & Dr. Zamralita, M.M., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Attachment, Perceived Social Support, Suicidal Ideation, Remaja, Emerging Adulthood
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:51
Last Modified: 23 Feb 2023 03:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38729

Actions (login required)

View Item View Item