Peranan Technological Knowledge terhadap Student Engagement yang dimediasi oleh Self-Efficacy pada Siswa Sekolah Menengah Atas X

Hendra, Hendra (2023) Peranan Technological Knowledge terhadap Student Engagement yang dimediasi oleh Self-Efficacy pada Siswa Sekolah Menengah Atas X. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji peranan technological knowledge terhadap student engagement yang dimediasi oleh self-efficacy pada siswa SMA X. Technological knowledge adalah kemahiran individu dalam memahami dan menggunakan berbagai teknologi informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas. Student engagement digambarkan sebagai tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan belajar dan mengajar yang mengarah kepada hasil dan tujuan belajar siswa. Self-Efficacy merupakan tingkat keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sejumlah 270 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan metode random sampling, dan dilakukan analisis data regresi berganda untuk menguji peranan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy memediasi peranan technological knowledge terhadap student engagement secara parsial. Berdasarkan hasil uji beda, rata-rata technological knowledge dan student engagement pada siswa yang berusia lebih rendah ditemukan lebih tinggi dibandingkan siswa berusia lebih tinggi. Ditemukan juga bahwa siswa kelas 10 memiliki rata-rata technological knowledge, self-efficacy dan dua dimensi dari student engagement. Kemudian, siswa yang memilih kelas online juga terbukti memiliki rata-rata technological knowledge dan self-efficacy yang lebih tinggi, sementara siswa yang memilih kelas hybrid memiliki rata-rata emotional engagement yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, Psikolog. & Pamela Hendra Heng, S. Pd., M.P.H., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Technological knowledge, student engagement, self-efficacy, siswa
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:17
Last Modified: 23 Feb 2023 04:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38735

Actions (login required)

View Item View Item