Peran Perceived Social Support Sebagai Moderator pada Dispositional Optimism dan Stres Individu Dewasa Muda Selama Pandemi

Hadinata, Christine (2023) Peran Perceived Social Support Sebagai Moderator pada Dispositional Optimism dan Stres Individu Dewasa Muda Selama Pandemi. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada awal tahun 2020 Indonesia serta hampir seluruh dunia sedang mengalami krisis kesehatan yang disebabkan munculnya wabah pandemi Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan pola aktivitas manusia yang dapat menimbulkan efek negatif seperti penurunan kesehatan fisik dan mental. Selain itu, efek negatif pandemi dapat berupa peningkatan stres. Tidak semua individu mengalami stres, hal ini dapat dipengaruhi oleh dispositional optimism yang merupakan sejauh mana individu memiliki harapan positif terkait masa depan mereka. Selain itu, terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi peran dispositional optimism dalam menurunkan stres yaitu perceived social support yang merupakan penilaian subjektif atas sumber daya yang didapat dari lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perceived social support sebagai moderator pada dispositional optimism dan stres individu dewasa muda masa pandemi. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 385 partisipan dewasa muda dengan rentang usia 18-45 tahun yang pernah mengalami stres dalam satu bulan terakhir. Peneliti melakukan pengambilan data pada bulan April 2021. Alat ukur yang digunakan pada variabel stres Covid-Perceived Stress Scale-10, pada variabel dispositional optimism menggunakan The Life Orientation Test-Revised, dan pada variabel perceived social support menggunakan Multidimensional Scale of Perceived Social Support. Analisis statistik data menggunakan pengujian PROCESS Hayes. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan, perceived social support memoderasi peran dispositional optimism dan stres. Kedua, perceived social support dimensi significant others memoderasi peran dispositional optimism dan stres. Ketiga, perceived social support dimensi family memoderasi peran dispositional optimism dan stres. Keempat, perceived social support dimensi friends tidak memoderasi peran dispositional optimism dan stres.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, M.Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: dispositional optimism, stres, perceived social support, dewasa muda, pandemi covid-19
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:20
Last Modified: 23 Feb 2023 04:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38737

Actions (login required)

View Item View Item