Emotion-Focused Coping sebagai Mediator dalam Hubungan Antara Kesepian dengan Perilaku Melukai Diri pada Remaja di Masa Pandemi COVID-19

Sandra, Lidia (2023) Emotion-Focused Coping sebagai Mediator dalam Hubungan Antara Kesepian dengan Perilaku Melukai Diri pada Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
FIle 7.pdf

Download (257kB)

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial secara alamiah memerlukan manusia lainnya dalam mengembangkan potensi diri dan mengaktualisasikan dirinya. Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan semakin banyak negara terus berjuang untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Pembatasan interaksi antar individu memberi dampak negatif pada kesehatan mental dan kondisi psikosogis remaja. Penelitian ini berfokus pada peran emotion-focused coping sebagai mediator dalam hubungan antara kesepian dengan perilaku melukai diri pada remaja di masa pandemi Covid-19. Dengan menggunakan purposive sampling, partisipan yang terlibat sejumlah 359 partisipan remaja SMA di Jakarta dan Bali dan tersaring 176 partisipan dari keseluruhan partisipan di atas yang memenuhi syarat untuk datanya dianalisis yaitu yang melakukan perilaku melukai diri dan mengalami kesepian selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian korelatif, sehingga teknik yang digunakan dalam menganalisis hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen dengan dimediasi oleh variabel moderator adalah model statistika dengan analisis regresi berganda. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah UCLA Loneliness Scale Version 3 oleh Russell et al., (1996), Items and Factor Loadings for The Eight Coping Factors dari Aldwin & Revelson (1987), serta Self-harm Inventory oleh Sansone & Sasone (2010). Ditemukan bahwa kesepian berpengaruh signifikan terhadap perilaku melukai diri. Kesepian juga berpengaruh signifikan kepada emotion-focused coping. Emotion-focused coping juga ditemukan berpengaruh signifikan terhadap perilaku melukai diri. Emotion-focused coping juga berperan sebagai mediator partial dalam hubungan antara kesepian dengan perilaku melukai diri pada remaja di masa pandemi Covid-19. Temuan tambahan yang didapatkan bahwa pada semua partisipan yang melukai diri dalam kategori sangat tinggi, emotion-focused coping dari partisipan ini juga dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Rismiati E. Koesma & Naomi Soetikno
Uncontrolled Keywords: Covid-19, emotion-focused coping, kesepian, remaja, perilaku melukai diri
Subjects: Tesis
Penelitian > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:27
Last Modified: 23 Feb 2023 04:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38740

Actions (login required)

View Item View Item