Hubungan Antara Tuntutan Kerja dan Burnout dengan Motivasi Kerja sebagai Moderator pada Karyawan Kalangan Generasi Z di DKI Jakarta

Tambuwun, Euvanggelia (2023) Hubungan Antara Tuntutan Kerja dan Burnout dengan Motivasi Kerja sebagai Moderator pada Karyawan Kalangan Generasi Z di DKI Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (159kB)

Abstract

Generasi Z hadir pada masa dimana internet dan teknologi informasi berkembang pesat sebagai mainan menarik yang menggantikan mainan tradisional pada era generasi sebelum mereka Gen Z yang secara usia, baru menginjak masa bekerja memiliki motivasi kerja yang tinggi, motivasi mereka yang tinggi dibarengi pula dengan kinerja yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran tuntutan kerja terhadap burnout pada karyawan, khususnya generasi Z di DKI Jakarta, dengan motivasi kerja sebagai moderator. Penelitian ini mengukur burnout menggunakan burnout assesment tool oleh de Beek et al., tuntutan kerja menggunakan Skala Job Demands oleh Bekker dan Demerouti, dan motivasi kerja menggunakan skala Herzberg. Penelitian ini melibatkan 271 responden dengan 117 pria dan 154 wanita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengambilan data dilakukan dengan teknik purposive sampling kepada Gen Z di DKI Jakarta. Pengujian hipotesis menggunakan SPSS dengan metode Multiple Regression Analysis (MRA), dimana hasil pengujian ketiga variabel memperoleh nilai t = 4.561 dan nilai sig. = 0.000 > 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi dan hubungan yang siginifkan antara tuntutan kerja dan burnout, serta motivasi kerja yang dapat berperan sebagai moderator dalam hubungan antara tuntutan kerja dan burnout.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, Psikolog.
Uncontrolled Keywords: Burnout, tuntutan kerja, motivasi kerja, generasi z.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:40
Last Modified: 27 Feb 2023 02:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38845

Actions (login required)

View Item View Item