Hubungan Role Stress, Technostress, dan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas

Callista, Fiona (2023) Hubungan Role Stress, Technostress, dan Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (448kB)

Abstract

Guru diharapkan memiliki empat standar kompetensi dalam bekerja, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. Dalam memenuhi kompetensi tersebut, penggunaan teknologi juga dilibatkan untuk bekerja. Adanya tuntutan yang banyak dapat menimbulkan stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan role stress, technostress, dan kinerja pada guru di Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif-korelasional. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian terdiri dari tiga, yaitu Technostress Scale, Teacher Role Stressors Survey, dan Individual Work Performance Questionnaire. Total partisipan yang sudah didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 168 orang. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 26 dengan analisis utama menggunakan korelasi Spearman dan Pearson, serta dilanjutkan dengan analisis uji beda. Uji korelasi menggunakan Pearson jika hasil dari uji normalitas menunjukkan data terdistribusi secara normal. Jika hasil uji normalitas menunjukkan data tidak terdistribusi secara normal, maka uji korelasi dilakukan dengan menggunakan Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi negatif signifikan antara role stress dan kinerja. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada korelasi positif signifikan antara technostress dan role stress. Namun, tidak ada korelasi antara kinerja dan technostress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmah Hastuti, M.Psi., Psikolog,
Uncontrolled Keywords: kinerja, role stress, technostress
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:46
Last Modified: 27 Feb 2023 02:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38846

Actions (login required)

View Item View Item