Peran Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasi Pada Divisi Sumber Daya Manusia di PT. X

Florencia, Florencia (2023) Peran Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasi Pada Divisi Sumber Daya Manusia di PT. X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File7. Cover - Abstrak.pdf

Download (538kB)

Abstract

Manusia merupakan sumber daya yang paling berharga atau yang biasa disebut sebagai aset terpenting dalam sebuah organisasi. Maka dari itu, sumber daya manusia perlu pengelolaan yang baik sehingga kualitas sumber daya manusia meningkat kearah yang lebih baik. Pengelolaan sumber daya manusia bagi setiap karyawan ini disebut sebagai human resource management (HRM) dan dikelola oleh divisi human resources (HR). Perilaku Kewarganegaraan Organisasi (PKO) merupakan kinerja individu yang berkontribusi dalam mengembangkan dan memelihara konteks sosial dan psikologis yang dapat mendukung kinerja tugas. PKO ini mampu meningkatkan efektivitas fungsi organisasi. Kecerdasan emosi merupakan kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi emosi mereka dan emosi yang lain, sehingga dapat membentuk hubungan yang baik dengan orang lain. Kecerdasan emosi ini juga dapat membantu mengubah sikap dan perilaku karyawan dalam pekerjaan yang melibatkan kerja emosional, sehingga mengurangi stress kerja dan meningkatkan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosi terhadap PKO. Jumlah partisipan atau populasi (N=127), partisipan dari divisi HR. Penelitian memenuhi uji asumsi klasik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosi yang signifikan terhadap PKO, nilai R2 sebesar 0.471, bahwa kecerdasan emosi memiliki pengaruh terhadap PKO pada divisi HR di PT. X sebesar 47.1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dra. Fransisca Iriani Roesmala Dewi, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Human resource management; Human resource; Perilaku kewarganegaraan organisasi; dan Kecerdasan emosi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 02:50
Last Modified: 27 Feb 2023 02:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38847

Actions (login required)

View Item View Item