Pengaruh Person-Environment Fit terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasi pada Karyawan yang Bekerja di Sektor Pariwisata

Setiawan, Nathania (2023) Pengaruh Person-Environment Fit terhadap Perilaku Kewarganegaraan Organisasi pada Karyawan yang Bekerja di Sektor Pariwisata. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (673kB)

Abstract

Pada tahun 2022 pasca pandemi Covid-19 dapat ditekan penyebarannya, sektor pariwisata di Indonesia mengalami kenaikan pesat. Walaupun mengalami kenaikan yang pesat, sekarang ini pelaku usaha di bidang pariwisata justru tidak tertarik untuk menambah jumlah karyawannya karena sudah terbiasa akan efisiensi yang diberlakukan. Kondisi ini tentunya akan semakin menuntut karyawan untuk bekerja extra-role diluar deskripsi pekerjaannya saja atau disebut organizational citizenship behavior (OCB). Salah satu faktor yang diyakini dapat meningkatkan perilaku OCB adalah person-environment fit (P-E Fit). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran P-E Fit terhadap OCB pada karyawan yang bekerja di sektor pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 198 karyawan tour dan travel yang berasal dari Jakarta dan Surabaya. P-E Fit diukur dengan Perceived Person Environment Fit Scale oleh Chuang et al. (2016), dan OCB diukur dengan Organizational Citizenship Behavior Scale oleh Lee dan Allen (2002) Data diolah menggunakan uji regresi sederhana dan menunjukkan hasil bahwa adanya pengaruh P-E Fit yang signifikan terhadap OCB sebesar 57,8% dengan nilai F = 268.793, dan p = 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kiky Dwi Hapsari, S. S. Psi., M. Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: person-environment fit, organizational citizenship behavior,karyawan pariwisata
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:13
Last Modified: 27 Feb 2023 03:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38856

Actions (login required)

View Item View Item