Peran Person-Environment Fit terhadap Work Performance Karyawan di Sektor Pariwisata dengan Work Engagement sebagai Mediator

Anderson, Nicholas (2023) Peran Person-Environment Fit terhadap Work Performance Karyawan di Sektor Pariwisata dengan Work Engagement sebagai Mediator. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (954kB)

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor pekerjaan yang mengalami pemulihan cukup tinggi pada era pasca pandemi COVID-19 dengan meningkatnya jumlah wisatawan. Dalam rangka mempersiapkan sektor pariwisata, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi work performance, seperti person- environment fit dan work engagement. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran person-environment fit terhadap work performance dengan work engagement sebagai variabel mediator pada karyawan yang bekerja di sektor pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 207 karyawan yang aktif bekerja di tour and travel agent Jakarta dan Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan, yaitu Individual Work Performance Questionnaire oleh Koopmans yang telah diadaptasi ke Bahasa Indonesia oleh Widyastuti & Hidayat (2018) yang digunakan untuk mengukur variabel work performance, Perceived Person-Environment Fit Scale oleh Chuang et al. (2016) yang digunakan untuk mengukur variabel person-environment fit, dan Utrecht Work Engagement Scale oleh Schaufeli & Bakker (2004) yang digunakan untuk mengukur variabel work engagement. Data diolah dengan menggunakan uji regresi berganda. Hasil menunjukkan adanya peran yang signifikan antara person- environment fit terhadap work performance dengan work engagement sebagai variabel mediator sebesar 24,8% dengan nilai F = 33,617; dan p = 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kiky D. H. Saraswati, M. Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: person-environment fit, work performance, work engagement, sektor pariwisata
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:15
Last Modified: 27 Feb 2023 03:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38857

Actions (login required)

View Item View Item