Anggraini, Selfi (2023) Pengaruh Money Attitude Terhadap Compulsive Buying pada Dewasa Awal Pengguna Fitur Pay Later. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf Download (311kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh money attitude terhadap compulsive buying pada dewasa awal pengguna fitur pay later. Terdapat dua alat ukur yaitu Money Attitude Scale (Yamauchi & Templer, 1982) mengukur money attitude dan Compulsive Buying Scale (Faber & O’Guinn, 1989) mengukur variabel compulsive buying. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner secara daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 425 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa money attitude memiliki pengaruh sebesar 49,4% terhadap compulsive buying pada dewasa awal pengguna fitur pay later. Adapun dimensi yang berperan adalah power prestige (R2=0,397, ß=0,475, p=<0,001) dengan pengaruh sebesar 39,7% dan dimensi anxiety (R2=0,315, ß=0,356, p=<0,001) dengan pengaruh sebesar 31,5% terhadap compulsive buying. Sedangkan pada dimensi retention time (R2=0,001, ß=-0,009, p=0,799) dan distrust (R2=0,117, ß = -0,012, p = 0,768) tidak memiliki pengaruh terhadap compulsive buying.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sandi Kartasasmita M.Psi., Psi., dan Ibu Meylisa Permata Sari S.Psi., M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Money Attitude, Compulsive Buying, Pay Later, Dewasa Awal. |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 03:29 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 03:29 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38863 |
Actions (login required)
View Item |