Pengaruh Money Attitude Terhadap Compulsive Buying pada Dewasa Awal Pengguna Fitur Pay Later

Anggraini, Selfi (2023) Pengaruh Money Attitude Terhadap Compulsive Buying pada Dewasa Awal Pengguna Fitur Pay Later. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (311kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh money attitude terhadap compulsive buying pada dewasa awal pengguna fitur pay later. Terdapat dua alat ukur yaitu Money Attitude Scale (Yamauchi & Templer, 1982) mengukur money attitude dan Compulsive Buying Scale (Faber & O’Guinn, 1989) mengukur variabel compulsive buying. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner secara daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 425 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa money attitude memiliki pengaruh sebesar 49,4% terhadap compulsive buying pada dewasa awal pengguna fitur pay later. Adapun dimensi yang berperan adalah power prestige (R2=0,397, ß=0,475, p=<0,001) dengan pengaruh sebesar 39,7% dan dimensi anxiety (R2=0,315, ß=0,356, p=<0,001) dengan pengaruh sebesar 31,5% terhadap compulsive buying. Sedangkan pada dimensi retention time (R2=0,001, ß=-0,009, p=0,799) dan distrust (R2=0,117, ß = -0,012, p = 0,768) tidak memiliki pengaruh terhadap compulsive buying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sandi Kartasasmita M.Psi., Psi., dan Ibu Meylisa Permata Sari S.Psi., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Money Attitude, Compulsive Buying, Pay Later, Dewasa Awal.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:29
Last Modified: 27 Feb 2023 03:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38863

Actions (login required)

View Item View Item