Peranan Creative Self-Efficacy Terhadap Innovative Work Behavior Dengan Mediasi Creative Climate

Zhafira, Yang Adinda (2023) Peranan Creative Self-Efficacy Terhadap Innovative Work Behavior Dengan Mediasi Creative Climate. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (634kB)

Abstract

Seiring berkembangnya industri digital, banyak pihak yang menyebut-nyebut pekerja yang inovatif adalah penopang ekonomi baru karena pekerjaannya terus melakukan kapitalisasi ide kreatif untuk memenangkan persaingan. Guna mengoptimalkan potensi perkembangannya, dibutuhkan pekerja yang memiliki kualitas yang baik seperti innovative work behavior dan creative self-efficacy serta di saat yang sama, perlu diimbangi dengan peran perusahaan untuk menciptakan creative climate yang mendukung produktivitas. Dalam rangka mengkondisikan proses kerja yang ideal, penting untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi innovative work behavior, creative self-efficacy dan creative climate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran creative self- efficacy terhadap innovative work behavior dengan creative climate sebagai variabel mediator pada karyawan yang bekerja di sektor teknologi finansial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan 300 pekerja bidang teknologi finansial yang aktif bekerja di PT X. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Terdapat tiga alat ukur yang digunakan, yaitu Innovative Work Behavior Scale oleh De Jong & Den Hartog, (2010) yang diterjemahkan oleh Suri (2021) ke dalam Bahasa Indonesia, Creative Self-Efficacy Scale oleh Carmeli dan Schaubroeck (2008) dan Creative Climate Scale oleh Scott dan Bruce (1994) yang sudah translasi ke Bahasa Indonesia melalui tinjauan ahli dari Dr. Riana Sahrani S.Psi., M.Si., Psikolog dan Rita Markus Idulfilastri Ir., M.Psi., Dr. Analisis data utama diolah dengan menggunakan uji regresi berganda. Hasil menunjukkan adanya peranan yang signifikan dari Creative Self-Efficacy terhadap Innovative Work Behavior dengan Creative Climate sebagai variabel mediator sebesar 53.2% dengan nilai F = 168.716; dan p = 0.00 < 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Riana Sahrani S.Psi., M.Si., Dr., Psikolog.
Uncontrolled Keywords: Creative Self-Efficacy, Innovative Work Behavior, Creative Climate, Financial Technology.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:40
Last Modified: 27 Feb 2023 03:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38868

Actions (login required)

View Item View Item