Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis

Prannasita, Alyssa (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis. Penelitian ini dilakukan terhadap empat Partisipan guru yang mengajar anak berkebutuhan khusus yang berusia 30-39 tahun dengan latar belakang bekerja di instansi pendidikan khusus. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi yang mengungkapkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autis meliputi interaksi sosial ialah siswa dapat lebih memahami komunikasi dan kontak sosial bila guru menggunakan perlakukan verbal dan non-verbal saat berinteraksi. Guru sebagai pendidik seringkali melakukan komunikasi secara berulang agar siswanya lebih mudah memahami dan memberi respon timbal balik yang diharapkan. Adapun guru lebih aware dalam memperhatikan interaksi sosial dengan siswanya terutama dalam penggunaan dan pelaksanaan kegiatan dengan permainan berupa media gambar maupun alat peraga yang dapat dilakukan untuk melatih kepekaan dalam interaksi sosial siswanya. Kini keempat Partisipan justru melihat interaksi sosial yang ditunjukan dari kontak sosial, aktivitas bersama, dan frekuensi hubungan dengan kelompoknya telah berkembang dalam diri siswa sejak diberikan perlakuan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Niken Widi Astuti, S.Psi., M.Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, kemampuan interaksi sosial, anak autis
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 06:21
Last Modified: 27 Feb 2023 06:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38873

Actions (login required)

View Item View Item