Gambaran Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Secara Daring

Putra, Benny Wahyu (2023) Gambaran Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Secara Daring. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fille 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penyebaran COVID-19 ini turut berdampak dalam dunia pendidikan. Pemerintah Indonesia menekan penyebaran COVID-19 dengan melakukan pembelajaran secara daring. Sejalan dengan hal ini, maka self-regulated learning perlu diterapkan dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. Self-regulated learning merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran self-regulated learning pada mahasiswa selama pembelajaran secara daring. Penelitian ini melibatkan 304 partisipan yang terdiri dari 128 laki – laki dan 176 perempuan. Alat ukur untuk variabel self-regulated learning yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah alat ukur self-regulated learning yang dibuat oleh Herdiati (2014) dari Fakultas Psikologi Universitas Islam Negri Jakarta yang berdasarkan teori serta dimensi-dimensi yang dikemukan oleh Zimmerman (1989). Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif non-experimental yang bersifat deskriptif. Peneliti melakukan kategorisasi pada self-regulated learning pada partisipan tersebut dan mendapatkan hasil bahwa kategori sedang merupakan kategori paling banyak sebesar 95,7%. Peneliti juga mendapatkan data pada 304 partisipan memilki self-regulated learning yang cenderung tinggi yang berarti pada umumnya mahasiswa sudah dapat menerapkan self-regulated learning dengan cara memotivasi diri, mencari literatur tambahan untuk menambah wawasan, dan juga saling bantu antar mahasiswa dalam pembelajaran. Selain itu peneliti juga melakukan uji self-regulated learning berdasarkan jenis kelamin dan usia sehingga mendapatkan hasil bahwa perempuan memiliki self-regulated learning lebih tinggi dari pada laki-laki serta memiliki perbedaan apabila ditinjau berdasarkan usia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmah Hastuti S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, emerging adulthood, mahasiswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 06:32
Last Modified: 27 Feb 2023 06:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38875

Actions (login required)

View Item View Item