Hubungan Antara Academic Self-Efficacy dengan Academic Burnout Pada Siswa Kelas X dan XI SMA X

Fadilah, Irdi Jamila (2023) Hubungan Antara Academic Self-Efficacy dengan Academic Burnout Pada Siswa Kelas X dan XI SMA X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kelelahan akademik merupakan perasaan lelah yang dialami oleh individu akibat adanya tuntutan yang tinggi di bidang akademik. Kelelahan ini dapat membuat individu mengalami penurunan dalam kualitas belajar nya. Salah satu faktor yang dapat menghindari individu dari rasa lelah ini yaitu efikasi diri akademik. Efikasi diri akademik merupakan kepercayaan individu pada dirinya sendiri di bidang akademik. Individu yang memiliki kepercayaan diri yang baik di bidang akademik akan membantu dirinya untuk terhindar dari rasa lelah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan kelelahan akademik. Untuk mengetahui hasil dari tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan menggunakan kuantitatif korelasional. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 306 siswa aktif kelas X dan XI di salah satu SMA Negeri di Kota Serang dengan penyebaran non-probability purposive sampling. Analisis penelitian ini menggunakan Teknik pearson correlation dan menunjukkan hasil bahwa adanya hubungan negatif dan signifikan antara efikasi diri akademik dengan kelelahan akademik pada siswa kelas X dan XI di SMAN X kota serang dengan nilai korelasi -0,505** p<0.01, hal ini berarti individu yang memiliki efikasi diri tinggi akan memiliki tingkat kelelahan akademik yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Raja Oloan Tumanggor, S.Ag
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri Akademik, academic burnout, Siswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:24
Last Modified: 27 Feb 2023 07:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38896

Actions (login required)

View Item View Item