Peran Academic Self-efficacy Terhadap Penyesuaian Diri Selama Pandemi Pada Siswa SMA Jakarta

Fitriah, Marisa (2023) Peran Academic Self-efficacy Terhadap Penyesuaian Diri Selama Pandemi Pada Siswa SMA Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi covid-19 membuat segala sesuatu berubah dan harus dilakukan penyesuaian. Dalam dunia pendidikan, perubahan tersebut membuat para siswa menjadi mengubah pola belajar. Perubahan pola belajar dari tatap muka menjadi daring (online), tentunya memiliki dampak tersendiri. Bagi para siswa, kondisi ini dapat mempengaruhi cara belajarnya. Cara belajar yang baru menuntut adanya penyesuaian diri yang baik. Siswa juga memerlukan keyakinan yang mengacu pada kesadaran seseorang mengenai kemampuan dirinya melaksanakan tugas akademik. Kemampuan ini disebut sebagai academic self-efficacy, dimana keyakinan diri terhadap akademik ini mampu mendorong siswa untuk lebih mudah dalam penyesuaian diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dilakukan terhadap 206 siswa, dengan teknik sampling purposive sampling. Variabel academic self-efficacy menggunakan alat ukur skala academic self-efficacy dari Zajacova (2005) dan variabel penyesuaian diri menggunakan alat ukur skala penyesuaian diri menggunakan alat ukur skala penyesuaian diri dari Schneiders (1964). Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan hasil terdapat adanya peran yang signifikan dari academic self- efficacy terhadap penyesuaian diri t = 16.945 dengan signifikansi p = 0.000. Dapat disimpulkan bahwa academic self-efficacy yang tinggi dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sandi Kartasasmita, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Academic Self-efficacy, Penyesuaian Diri, Pandemi, Siswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:08
Last Modified: 27 Feb 2023 08:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38906

Actions (login required)

View Item View Item