Pengaruh Kebersyukuran terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa yang menjalankan pembelajaran hybrid di Daerah Jabodetabek

Damayanti, Savira (2023) Pengaruh Kebersyukuran terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa yang menjalankan pembelajaran hybrid di Daerah Jabodetabek. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (989kB)

Abstract

Pada era new normal terdapat perubahan pembelajaran pada mahasiswa. Adanya perubahan model pembelajaran, kondisi ini membawa mahasiswa pada situasi yang baru dan menantang bagi mereka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel kebersyukuran terhadap kesejahteraan diri pada mahasiswa di daerah Jabodetabek yang sedang menjalankan pembelajaran hybrid. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimental dengan partisipan berjumlah 159 yang berkriteria mahasiswa yang sedang menjalankan pembelajaran hybrid. Dua Instrumen alat ukur yang dipakai dalam penelitian ini adalah Gratitude Questionnaire Six Item Form (GQ-6) dan Satisfaction With Life Scale (SWLS). Hasil data tersebut diolah dengan uji regresi dan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variable kebersyukuran dengan variabel kesejahteraan subjektif (R= 0.115, p =0,000 < 0,05). Hasil Penelitian ini menyarankan agar mahasiswa atau individu perlu untuk selalu menjaga dan meningkatkan kebersyukuran agar tercipta emosi positif dan nilai positif lainnya dalam hidup sehingga berpotensi lebih besar untuk meraih sebuah kebahagiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widya Risnawaty S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Kebersyukuran, Kesejahteraan Subjektif, Mahasiswa, Pembelajaran Hybrid
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:27
Last Modified: 27 Feb 2023 08:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38911

Actions (login required)

View Item View Item