Gambaran Kualitas Kehidupan Kerja Pada Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Studi pada Generasi X dan Y)

Papilaya, Advaita Ingke (2023) Gambaran Kualitas Kehidupan Kerja Pada Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara (Studi pada Generasi X dan Y). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
file 7. cover-abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya kualitas Sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualitas baik dalam era 4.0 dimana teknologi terus berkembang dimana saat ini industri membutuhkan orang dengan tingkat penguasaan teknologi yang tinggi yaitu generasi X dan Y. Kualitas kehidupan kerja menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan kinerja karyawan yang akhirnya berguna untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam penelitian ini berdasarkan hasil wawancara pada pegawai dalam generasi X dan Y ditemukan bahwa terdapat masalah kualitas kehidupan kerja yang dirasakan para pegawai pemda Kab. Halut dimana pegawai merasa ketidakpuasan dengan lingkungan kerja, pembagian tugas setiap individu dan juga hubungan dengan atasan di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas kehidupan kerja antar generasi X dan Y. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus sampai desember 2022 menggunakan non probability sampling, dengan kuesioner daring dan melibatkan 175 pegawai sebagai partisipan dalam penelitian ini. Partisipan mengisi kuesioner yang bersumber dari Walton Quality Work Life. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kehidupan kerja generasi X dan Y pada pemda Kab. Halut tinggi sementara nilai terendah baik generasi X maupun Y dari 10 dimensi ada pada dimensi pertumbuhan dan keamanan karir, sementara itu dimensi tertinggi antar generasi X dan Y berbeda generasi X dengan dimensi ruang hidup total dan generasi Y dengan dimensi karakteristik pekerjaan. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu pemda Kab. Halut guna meningkatkan kualitas kehidupan kerja para pegawai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zamralita, M. M., Psikolog., & Daniel Lie, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: kualitas kehidupan kerja, pemerintah daerah, generasi X, generasi Y
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:33
Last Modified: 27 Feb 2023 08:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38913

Actions (login required)

View Item View Item