Hubungan Sef-Esteem Terhadap Prokrastinasi Akademik Sisw a Menengah Pertama (SMP) Sekolah X

Hutapea, Laura Gustina Uli (2023) Hubungan Sef-Esteem Terhadap Prokrastinasi Akademik Sisw a Menengah Pertama (SMP) Sekolah X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
7. COVER dan ABSTRACK.pdf

Download (301kB)

Abstract

Prokrastinasi merupakan istilah dalam bidang ilmu psikologi Ketika melakukan penundaan yang sengaja dilakukan pada tugas penting, dan dilakukan secara berulang-ulang. Perilaku Prokrastinasi bisa terjadi di dalam semua bidang salah satunya adalah bidang akademik yang menjadi salah satu permasalahan yang sering dilakukan siswa dalam proses belajar. Banyak faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik salah satunya yaitu self-esteem. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-esteem terhadap prokrastinasi akademk pada siswa (SMP) yang berfokus di kelas 7 dan 8. Pnelitian dilakukan pada 190 siswa dan siswi yang berusia 13-15 tahun di Sekolah X. Hasil observasi pada siswa menunjukan bahwa siswa cenderung melakukan prokrastinasi akademik dengan kategori self-esteem yang rendah. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian non-experimental dengan menggunakan metode convenience sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini, yaitu Procrastination Assesmenet Scale Student (PASS) dan Rosenberg Self-Esteem Scale. Melalui uji korelasi telah menunjukan hasil Penelitian bahwa self-esteem berhubungan secara negatif dan signifikan terhadap prokrastinasi akademik siswa (SMP). Namun terdapat beberapa dimensi pada prokrastinasi akademik yang tidak berhubungan dengan Self-esteem

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Raja Oloan Tumanggor S.Ag., Dr.
Uncontrolled Keywords: Self-Esteem, Prokrastinasi Akademik, Siswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:35
Last Modified: 28 Feb 2023 01:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38925

Actions (login required)

View Item View Item