Gambaran Kebahagiaan Pada Remaja yang Mengalami Perceraian Orang Tua (Studi Kualitatif Pada Remaja di Desa Tamansari Kabupaten Indramayu)

Syayidah, Naulia Nur (2023) Gambaran Kebahagiaan Pada Remaja yang Mengalami Perceraian Orang Tua (Studi Kualitatif Pada Remaja di Desa Tamansari Kabupaten Indramayu). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kasus perceraian di Indonesia mengalami peningkatan di tahun 2021. Salah satu daerah yang mengalami peningkatan kasus tersebut adalah Kota Indramayu. Perceraian yang terjadi memberikan dampak bagi remaja yang mengalaminya. Dampak tersebut dapat berpengaruh kepada kebahagiaan remaja setelah perceraian orang tua. Menurut Seligman (2002), kebahagiaan berasal dari identifikasi dan pengembangan kekuatan individu paling mendasar yang digunakan setiap hari. Kebahagiaan memiliki tiga aspek yaitu positive emotion, engagement, dan meaning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan menggunakan metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah snowball sampling dengan wawancara mendalam (in-depth interview) kepada empat partisipan berusia 14-18 tahun yang mengalami perceraian orang tua lebih dari tiga tahun dan tinggal di Desa Tamansari. Partisipan terdiri dari tiga perempuan dan satu laki-laki yang berada pada tingkat pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hasil penelitian menunjukkan keempat partisipan memiliki ketiga aspek kebahagiaan dalam dirinya setelah orang tua bercerai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Debora Basaria, M. Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Kebahagiaan, Perceraian, Remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:43
Last Modified: 28 Feb 2023 01:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38927

Actions (login required)

View Item View Item