Satriaputra, Carlos Gabriel (2023) Hubungan Self-Compassion dengan Academic Motivation Mahasiswa yang Menjalani Kuliah Hybrid. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
File 7. COVER - ABSTRAK.pdf Download (466kB) |
Abstract
Mahasiswa diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan kondisi perkuliahan saat ini, yang sebagian besar menggunakan sistem hybrid. Self-compassion dapat menjadi salah satu aspek utama untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam perkuliahan. Aspek akademis juga merupakan salah satu pencapaian utama mahasiswa, dan motivasi untuk mencapai aspek akademis tersebut dinamakan academic motivation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-compassion dengan academic motivation mahasiswa yang sedang menjalani kuliah hybrid. Penelitian ini melibatkan 122 mahasiswa yang aktif kuliah, pernah menjalani perkuliahan hybrid, dan berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Terdapat dua alat ukur yang digunakan, yaitu Skala Welas Diri oleh Neff (2003) yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Sugianto et al. (2020) yang digunakan untuk mengukur self-compassion dan Short-Academic Motivation Scale oleh Vallerand et al. (1992) yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Natalya (2018) untuk mengukur academic motivation. Data yang didapatkan diolah menggunakan perangkat lunak Jamovi dengan analisis utama menggunakan korelasi Pearson. Hasil menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif signifikan antara self-compassion dengan academic motivation dengan nilai cronbach’s alpha sebesar < 0.001 (< 0.05) dan nilai Pearson’s r sebesar 0.315.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Meiske Yunithree Suparman, M.Psi, Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | self-compassion, motivasi, academic motivation |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 02:30 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 02:30 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38944 |
Actions (login required)
View Item |