Hubungan Persepsi Keterlibatan Orang Tua dengan Positive Mental Health pada Remaja di Desa Tamansari, Kec. Lelea, Kab. Indramayu

Faranihaq, Zhillan (2023) Hubungan Persepsi Keterlibatan Orang Tua dengan Positive Mental Health pada Remaja di Desa Tamansari, Kec. Lelea, Kab. Indramayu. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. Cover-Abstrak.pdf

Download (895kB)

Abstract

Kesehatan mental positif yang merupakan bagian dari kesehatan mental memiliki peran penting untuk setiap manusia. Salah satu tahap perkembangan yang paling rentan memengaruhi kesehatan mental seseorang saat masa remaja. Orang tua juga memiliki peran untuk kesehatan mental remaja. Hal ini dikarenakan keterlibatan orang tua berpengaruh dalam perkembangan anaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi keterlibatan orang tua dengan positive mental health pada remaja di Desa Tamansari, Kec. Lelea, Kab. Indramayu. Partisipan pada penelitian ini berjulam 100 partisipan yang merupakan remaja berusia dari 11-19 tahun yang berada di Desa Tamansari, Kec. Lelea, Kab. Indramayu. Teknik penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling. Alat ukur keterlibatan orang tua yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari teori Epstein et al. (2018) dan alat ukur positive mental health menggunakan Positive Mental Health Scale (PMH-scale) (Lukat et al., 2016). Uji korelasi pada penelitian ini menggunakan Spearman dan hasilnya memperlihatkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara keterlibatan orang tua dengan positive mental health (r = 0,372 dan p = 0,000 < 0,01). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi keterlibatan orang tua, maka semakin positif kesehatan mental pada remaja di Desa Tamansari, Kec. Lelea, Kab. Indramayu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agoes Dariyo, S.Psi., M.Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orang tua, positive mental health, remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:01
Last Modified: 28 Feb 2023 04:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38974

Actions (login required)

View Item View Item