Peran Kesejahteraan Karyawan sebagai Moderator dalam Hubungan Stres Kerja dan Intensi Keluar Kerja Karyawan Startup di Jakarta

Emmanuela, Jessica La Belle (2023) Peran Kesejahteraan Karyawan sebagai Moderator dalam Hubungan Stres Kerja dan Intensi Keluar Kerja Karyawan Startup di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 7. COVER-ABSTRAK.pdf

Download (525kB)

Abstract

Perusahaan startup yang sering dibilang sebagai tombak perkembangan industri serta menjadi lapangan pekerjaan kreatif bagi masyarakat, mengharuskan perusahaan startup dapat menjadi tempat kerja yang nyaman bagi karyawannya. Namun situasi di lapangan tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan, banyak karyawan startup yang mengalami stres kerja dan memilih untuk keluar kerja, sehingga angka intensi keluar kerja perusahaan startup dikenal masyarakat tinggi. Salah satu bentuk usaha perusahaan dalam mengurangi atau meminimalisir keadaan tersebut adalah meningkatkan kesejahteraan karyawannya. Dengan meningkatnya kesejahteraan karyawan, karyawan dapat lebih nyaman dalam bekerja dan meminimalisir timbulnya stres kerja hingga niat untuk keluar kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan peranan kesejahteraan karyawan sebagai moderator dalam hubungan stres kerja dan intensi keluar kerja. Dengan jenis penelitian kuantitatif, penelitian ini mendapatkan 246 partisipan yang merupakan karyawan perusahaan startup di Jakarta. Peneliti menggunakan tiga alat ukur yaitu: Job Stress Scale milik Parker dan Decottis (1983), Alat Ukur Intensi Keluar Kerja milik Universitas Tarumanagara yang di translasi serta kembangkan oleh Rifmawati dan Suyasa (2016), serta Employee Well-being Scale yang dikembangkan oleh Zheng et al. (2015). Hasil yang didapatkan peneliti adalah, kesejahteraan karyawan berperan memperkuat hubungan stres kerja dan intensi keluar kerja sebesar 11.6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, Psikolog
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan karyawan, stres kerja, intensi keluar kerja, perusahaan startup, industri
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:48
Last Modified: 28 Feb 2023 04:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38987

Actions (login required)

View Item View Item